Buku Panduan Pelatihan Pengajar/Tenaga Pendidik untuk SEAMOLEC Mitra

(ditulis oleh: Dani Purnama Hermawan)

PENDAHULUAN

Pendidikan berbasis komputer maupun jaringan berbasis Information and Communication Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di era globalisasi sudah merupakan kebutuhan yang mendasar. Infrastruktur dan budaya TIK merupakan syarat utama dalam memacu perkembangan TIK di antara pelaku TIK, termasuk penyedia, perancang, dan pemakai TIK.

Pendidikan yang diselenggarakan berbasis komputer (computer-based education), merupakan alat interaksi manajemen dan administrasi pendidikan, yang dapat digunakan baik oleh dosen maupun oleh administrator. Tahap berikutnya adalah computer-assisted learning, di mana program-program tutorial dan simulasi komputer sebagai program “stand alone”  dapat digunakan di komputer mana saja oleh siswa. Sementara itu, e-supported education menawarkan pemanfaatan teknologi informasi, biasanya berbasis jaringan lokal (local area network) untuk ruang lingkup yang lebih luas, misalnya basis data mahasiswa, basis data perpustakaan, basis data administratif, dll. yang saling berhubungan satu sama lain. 

E-learning merupakan perluasan dari e-supported education, sebab e-learning menawarkan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran maupun manajemen pembelajaran berbasis jaringan (wide area network, internet). Jika e-learning berfokus pada satu atau beberapa mata kuliah dengan system delivery berbasis jaringan, maka Virtual/Cyber University menawarkan pemanfaatan teknologi informasi untuk mengelola satu universitas dan menyelenggarakan pendidikan dalam satu universitas.  Consortium merupakan jaringan beberapa perguruan tinggi atau pihak yang berminat untuk menawarkan satu program pendidikan yang berbasis teknologi informasi.  Dalam Consortium, masing-masing pihak bergabung berdasarkan keunggulannya masing-masing untuk mencapai tujuan bersama.

Keberadaan TIK dalam dunia pembelajaran saat ini tidak bisa dilepaskan, apalagi dalam program Pendidikan jarak Jauh (PJJ). Oleh karena itu dalam pelatihan ini, para pelaksana PJJ di setiap institusi diharapkan bisa membuat sebuah wadah paembelajaran yang disebut dengan istilah e-learning.

TUJUAN DAN SASARAN

Tujuan

Tujuan dari training ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan e-learning. Secara khusus, program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pengajar/tenaga pendidik untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran, agar mereka dapat:

  1. mengenal TIK dan fitur-fiturnya;
  2. memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi;
  3. memanfaatkan TIK sebagai sumber belajar – yang terintegrasi dengan rancangan pembelajarannya;
  4. memanfaatkan TIK untuk produksi program pembelajaran (misalnya, OHT, teks, simulasi);
  5. memanfaatkan TIK untuk mengelola kelas (misalnya, basis data ujian, track record mahasiswa);
  6. memanfaatkan TIK secara terintegrasi (misalnya, web-based course, website/blog dosen).

Sasaran

Sasaran dari pelatihan ini tersedianya tenaga pendidik yang mampu:

  1. memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran untuk komunikasi dan sumber belajar
  2. membuat paket bahan pembelajaran berbasis TIK (web-based course)

METODE PELATIHAN

Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode ceramah disertai tanya jawab, diskusi dan kerja kelompok, serta praktik.

CAKUPAN MATERI

Pelatihan ini meliputi materi sebagai berikut:

  1. pembuatan bahan ajar cetak/audio visual
  2. pola tutorial tatap muka dan tutorial online
  3. pengembangan pembelajaran berbasis TIK (web-based course).

DESKRIPSI MATERI

  • Pembuatan Bahan Ajar Cetak/Audio Visual 
    Sesi ini memberikan informasi mengenai sosok bahan ajar cetak dan audio visual serta penyamaan persepsi tentang konsep dan format bahan ajar cetak yang akan dikembangkan
  • Tutorial Tatap Muka dan Tutorial Online 
    Sesi ini memabahas tentang pembuatan Rancangan Tutorial (RT), Satuan Kegiatan Tutorial (SKT) dan untuk melatih para calon tutor dalam mengembangkan alat evaluasi hasil dan proses tutorial serta pengelolaan tutorial online
  • ICT in Instruction (e-Learning) 
    Sesi ini memberikan informasi umum kepada peserta tentang dasar teori dari e-Learning, perkembangan e-Learning, jenis/ragam e-Learning, dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan e-Learning di lembaga pendidikan.
  • Instructional Development and Program Mapping 
    Sesi ini memperkenalkan peserta tentang prosedur dasar yang sistematis dalam merancang dan mengembangkan program pembelajaran. Pada akhir sesi, peserta memiliki kerangka berpikir yang jelas dalam merancang dan mengembangkan program pembelajaran secara sistematis. 
    Secara khusus peserta dapat:
  • Menjelaskan proses dan prosedur perancangan dan pengembangan program pembelajaran secara sistematis
  • Merancang dan mengembangkan program pembelajaran
  • Menerapkan prinsip-prinsip perancangan dan pengembangan program pembelajaran ke dalam e-Learning.
  • Advanced Searching 
    Sesi Advanced Searching memberi peserta pengetahuan tentang teori dan praktek pencarian informasi melalui internet. Selain penjelasan teoritis, peserta dilibatkan dalam praktek langsung pencarian informasi. Pada akhir sesi, peserta dapat melakukan pencarian informasi pendukung mengenai topik tersebut menggunakan internet.
    Secara khusus peserta dapat:
  • Menjelaskan informsi yang dibutuhkan untuk topik tertentu
  • Menemukan dan memilih sumber informasi untuk topik tertentu
  • Menggunakan mesin pencari untuk melakukan pencarian informasi di internet
  • Mengevaluasi informasi yang didapat dari internet
  • Memproduksi informasi pendukung untuk informasi tertentu.
  • Learning Object Material and Legal and Ethical Issues
    Sesi ini memberi pemahaman yang komprehensif tentang pengetahuan praktis mengenai Learning Object Material, Program Mapping, and Legal and Ethical Issues.
    Secara khusus peserta dapat:
  • Menjelaskan tentang Learning Object Materia and Legal and Ethical Issues;
  • Menghubungkan rancangan pembelajaran dengan kedua aspek tersebut;
  • Berbagi sumber belajar (learning source);
  • Menjelaskan tentang Legal and Ethical Issues.
  • Web-Based Course Development using WebCT
    Sesi ini memberi pemahaman yang konmprehensif tentang pengetahuan praktis mengenai pengembangan Web-based Course menggunakan salah satu Propetiary.
    Secara khusus peserta dapat:
  • Mengembangkan Web-based Course menggunakan Propetiary Learning Management System (Moodle).

PESERTA

Peserta pelatihan adalah 

  1. Dosen/Instruktur/Widyaiswara pelaksana program PJJ dan mampu mengoperasikan komputer
  2. Ditugaskan oleh instansinya

HAK DAN KEWAJIBAN

Hak Peserta

  1. Akomodasi dan konsumsi yang layak selama mengikuti pelatihan
  2. Bantuan pelayanan dari panitia

Kewajiban Peserta

  1. memenuhi persyaratan pelatihan;
  2. mengikuti seluruh kegiatan pelatihan dan mengisi daftar hadir yang disediakan untuk setiap kegiatan;
  3. mengisi evaluasi form yang akan dibagikan setiap akhir sesi;
  4. memakai name tag selama kegiatan pelatihan.

INSTRUKTUR DAN FASILITATOR

Pelatihan ini akan melibatkan instruktur, fasilitator dengan kualifikasi memiliki wawasan tentang proses pembelajaran, serta keterampilan pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran. Juga ditambah dengan 1 orang teknisi sebagai trouble shooter.

WAKTU DAN TEMPAT

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 6 hari – pola 30 jam pelatihan tatap muka dan 42  jam kerja mandiri

Tempat penyelenggaraan pelatihan harus mempunyai fasilitas pendukung berupa perangkat komputer yang terhubung dengan internet, printer, LCD Projector, ruangan sekretariat panitia, serta alat-alat tulis kantor untuk peserta.

EVALUASI DAN SERTIFIKASI

Evaluasi atas jalannya pelatihan akan dilakukan di setiap akhir sesi dan di akhir kegiatan pelatihan. Evaluasi difokuskan pada penyelenggaraan dan substansi pelatihan. Hasil dari evaluasi digunakan untuk meningkatkan kinerja dan hasil pelatihan di masa mendatang.

Evaluasi terhadap hasil kerja peserta pelatihan didasarkan pada persyaratan  penilaian sebagai berikut:

  1. 80% kehadiran;
  2. Penyelesaian tugas, baik pada waktu pelatihan maupun tugas mandiri yang harus diselesaikan dalam waktu 1 (satu) bulan setelah pelatihan;
  3. Partisipasi aktif selama pelatihan;
  4. Kualitas hasil kerja.

Sertifikat akan diberikan kepada peserta yang telah memenuhi persyaratan tersebut. Sertifikasi sangat bergantung pada penyelesaian tugas dan kualitas tugas peserta.

 

2 Balasan ke Buku Panduan Pelatihan Pengajar/Tenaga Pendidik untuk SEAMOLEC Mitra

  1. pidelpvb mengatakan:

    thanks for sharing…Kapan ada rencana pelatihan lagi?

  2. Ukil mengatakan:

    gimana caranya biar bisa iku pelatihan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: