Laporan Sosialisasi PJJ S1 PGSD dan Mitra 500 SEAMOLEC di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur

Sebelumnya terima kasih atas kepercayaan dengan menunjuk saya menjadi pengganti salah satu staff yang berhalangan karena kepentingan yang urgent di kantor. Ini merupakan tantangan yang berat buat saya, karena harus memperesentasikan program utama SEAMOLEC seperti joint program PJJ S1 PGSD dan Mitra 500 SEAMOLEC termasuk profil SEAMOLEC. Berangkat ke Surabaya pada hari kamis menggunakan Batavia Air yang sempat delai selama 1 jam lebih. Perjalanan menuju bandara juga sangat meletihkan dan membuat panik, karena macet dimana-mana akibat tanggul tol bandara jebol.
Setiba di Surabaya, kami (saya dan Pak Edo) dijemput oleh Pak Aris, Pendamping ICT dari Dinas Jawa Timur di bandara Juanda Surabaya. Karena beda daerah tujuan, saya dengan edo berpisah di terminal Surabaya. Saya melanjutkan perjalanan ke Madura bertiga dengan Keluarga Pak Aris sedangkan pak Edo berangkat ke daerah tujuannya melalui terminal tersebut. Untuk mencapai Sampang, ternyata meletihkan juga, untuk sampai di daerah tersebut harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 60 km dari pinggir pantai madura. Jalan sangat tidak mulus yang membuat mobil terguncang-guncang apalagi pada kecepatan tinggi. Sesampai di Sampang, kami melepaskan letih di rumah keluarga Pak Aris setelah sebelumnya saya mengulang penguasaan presentasi esok harinya.

Letak Daerah – Bujur Timur 1130 08’ – 1130 39’ Lintang Selatan 060 05’ – 070 13’ Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Pamekasan di timur, Selat Madura di selatan, serta Kabupaten Bangkalan di barat. Kabupaten Sampang terdiri dari 14 kecamatan (DDA 2005 menggunakan 12 Kecamatan) dimana terdapat 180 Desa dan 6 Kelurahan yang luas wilayahnya mencapai 1233,30 km2. Wilayahnya juga mencakup juga Pulau Kambing, yang berada di selatan Pulau Madura. Masakan khas kota ini adalah kaldu. Selain itu makanan khasnya adalah nasi jagung. Jumlah penduduk berdasarkan BPS Kabupaten Sampang pada tahun 2005 sejumlah 794.914 jiwa. Kabupaten Sampang termasuk salah satu kabupaten daerah tertinggal di Indonesia sehingga masih banyak penduduknya yang masih dibawah garis kemiskinan.

Paginya (9 Mei 2008), kami berangkat ke kantor Dinas Kabupaten Sampang pada jam 7.15 karena acara akan dimulai pada pukul 8.00 Pagi pada aula kantor dinas Kabupaten Sampang. Peserta workshop mulai berdatangan pada pukul 8.00 yang berjumlah sekitar 70 orang yang berasal dari sekolah-sekolah tingkat SD, SMP, SMA/SMK di kabupaten Sampang. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kabupaten Sampang sehabis olahraga menggunakan kostum olahraga. Pada pengantarnya, beliau menekankan peningkatan kualitas SDM guru dan siswa dengan menggunakan ICT Based. Selain itu juga membahas tentang rencana pendidikan untuk kabupaten Sampang.

Presentasi tentang SEAMOLEC tidak mengambil waktu yang cukup lama dilanjutkan dengan sosialisasi PJJ S1 PGSD dan pengenalan mitra 500. Mereka tidak terlalu antusias dengan PJJ S1 PGSD yang dibuktikan kurangnya interaksi mengenai program ini, mereka lebih mempermasalahkan koneksi internet mereka yang menggunakan koneksi jardiknas dan beberapa permasalahan teknis dengan telkom. Mereka kurang antusias karena di lokasi memang belum tersentuh dengan adanya PJJ S1 PGSD.

Beberapa berminat menjadi Mitra 500 diantaranya SMK Negeri 1 Sampang dan KKG/MGMP setempat. Namun hanya SMK Negeri 1 Sampang yang sudah dapat didorong menjadi Mitra 500 karena beberapa syarat dipenuhi. KKG/MGMP mengusulkan dirinya dengan meminta bantuan seperti komputer dan sebagainya. Peserta juga meminta informasi mengenai syarat Mitra 500 yang mengharuskan untuk mendapatkan ISO terlebih dahulu.

Peserta menyarankan semua program SEAMOLEC harus mempunyai payung hukum yang jelas tidak seperti D3 TKJ yang masih dalam penggarapan. Untuk program PJJ S1 PGSD memang sudah punya dasar hukum, namun diharapkan berbagai program lainnya mempunyai dasar hukum yang serupa.

Acara berakhir jam 11.00 setelah diakhiri dengan presentasi Telkom tentang schoolnet yaitu portal untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Karena beberapa alasan teknis, sosialisasi di Kab. Pamekasan tidak dapat berlangsung pada hari sabtu, sehingga tim kembali ke Surabaya dan akan melanjutkan ke Kabupaten Sumenep pada hari seninnya.

Oleh : Abbas

2 Balasan ke Laporan Sosialisasi PJJ S1 PGSD dan Mitra 500 SEAMOLEC di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur

  1. Mas Joko mengatakan:

    ada data terbaru kemiskinan di Kab. Sampang ngga? lg butuh nech..

  2. itsnain mengatakan:

    ICT CENTER BANGKALAN,yg bertempat di SMKN2 BANGKALAN
    WORKSHOP Besk…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: